Hidup ini banyak memberi kita pengalaman, tergantung apakah kita mau mempelajarinya...!


21 Februari 2023

RESUME KBMN PGRI Gel-28 Pertemuan 19 - Menulis Buku Ajar

 NARA SUMBER : Dr. MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd

MODERATOR : MUTMAINAH

HARI / TANGGAL : SENIN / 20 FEBRUARI 2023



"BAHAN AJAR VS BUKU

Yang pertama kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen bagaimana Bahan ajar vs buku ajar itu

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis.


Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.

Sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.

Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)


PENTINGNYA BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN

  1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa

https://www.kompasiana.com/mudaisriyah  

  1. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru

  2. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja

  3. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi

  4. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi


NAh ini sangat penting yg hrs dipahami, mengapa buku ajar ini wajib diwujudkan oleh seorang guru, mengacu pada TRILOGI PEMBELAJARAN

  • Tujuan

  • Strategi 

  • Penilaian


Karena Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen

Beban belajar mahasiswa untuk 2 sks (SN-DIKTI, 2015): 2 sks = 340 menit. Kebutuhan bahan bacaan? Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dlm mengajar nya yaitu dg menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yg kita ampu.


Selain itu apa keuntungan buku ajar bagi guru dan dosen

  1. Promosi & Kenaikan Pangkat 

  2. Mendapatkan insentif 

  3. Finansial-Royalti

  4. Eksistensi diri

  5. Media Ekspresi

  6. Branding Personal dan Institusi

  7. Penguatan Keilmuan; dll. Eksistensi diri



JENIS-JENIS BUKU AJAR

  1. BUKU AJAR, 

  2. BUKU MODUL, 

  3. DIKTAT, 

  4. PETUNJUK PRAKTIKUM, 

  5. NASKAH TUTORIAL


Buku Ajar VS Buku Teks, 

apa sih bedanya buku ajar dengan buku teks..?


BUKU AJAR

BUKU TEKS

Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.

Menjelaskan tujuan pembelajaran. 

Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.

Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.

Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.

Belum tentu ada rangkuman.

Materi buku teks sangat   

Dikemas untuk dijual secara umum.

Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.

Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran. 

Disusun secara linier. 

Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).

Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

Selalu memberikan rangkuman. 

Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 

Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.




PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR


1. PRINSIP RELEVANSI

Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

2. PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN

Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

3. PRINSIP KECUKUPAN

Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.


SISTEMATIKA BUKU AJAR


Biasanya tergantung dari penerbit juga ya, tetapi kita sebagai seorang guru juga memiliki kesiapan untuk menata outline buku kita sendiri yaitu: 

  • Pendahuluan

  • Penyajian

  • Penutup

  • Daftar Pustaka

  • Senarai (glossary)



Share:

0 comments:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia
Salah seorang staf pengajar di sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Guguk pada jurusan Otomotif dan Teknologi Informatika

Daftar Blog Rekan-rekan