Hidup ini banyak memberi kita pengalaman, tergantung apakah kita mau mempelajarinya...!


17 Januari 2023

RESUME KBMN PGRI Gel-28 Pertemuan 04 - Menulis Buku dari Karya Ilmiah

NARA SUMBER         : EKO DARYONO, S.Pd

MODERATOR         : NUR DWI YANTI, S.Pd

HARI / TANGGAL : SENIN / 16 Januari 2023

 


Ini adalah pertemuan ke 4 Belajar Menulis Nusantara PGRI mengangkat tema Menulis Buku dari Karya Ilmiah. Nara sumber kali ini adalah pak Eko Daryono, S.Pd seorang guru berprestasi dari SMP Negeri 3 Mojolaban Sukoharjo, yang juga alumnus KBM PGRI ini angkatan 12. Moderatornya adalah ibu Nur Dwi Yanti, S.Pd yang merupakan alumni KBM Angkatan 24.

Tepat pukul 19.00, kelas belajar menulis angkatan 28 di buka oleh moderator, dengan memberikan sedikit gambaran tentang materi yang akan dibahas oleh narasumber. Dimana umumnya peserta KBM ini adalah sarjana yang sudah membuat skripsi, tesis bahkan disertasi. Kenapa skripsi, tesis dan disertasi tersebut tidak kita jadikan sebuah buku yang bisa bernilai jual..?


Materi tentang menulis buku yang dipaparkan narasumber yang beliau beri judul Menerbitkan buku dari Karya Tulis Ilmiah, diawali dengan paparan bahwa tidak ada adanya standarisasi (standar bakunya) konversi Karya Ilmiah ini menjadi buku. Jadi standarnya fleksibel, jadi beda penulis beda pula standarnya. 

Karya Tulis Ilmiah atau lebih dikenal dengan KTI menurut Peraturan Kepala LIPI Nomor 2, Tahun 2014 adalah tulisan hasil litbang dan/atau tinjauan, ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis yang dituangkan oleh perseorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah ilmiah. KTI tersebut terbagi menjadi dua yaitu KTI buku dan KTI non buku.

KTI Buku :

Buku Bahan Ajar : diktat, modul, buku ajar, buku referensi

Buku Pengayaan : monografi, buku teks, buku pegangan, buku panduan

Buku kompilasi : bunga rampai, prosiding

KTI Non Buku antara lain :

KTI bidang akademis untuk mendapatkan gelar : tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi

KTI hasil penelitian : PTK, PTS, best practice, makalah, artikel, jurnal

KTI berupa ulasan atau resensi.


Standarnya struktur penulisan KTI adalah sebagai berikut : 

Dari standart ini akan dikonversikan (dimodifikasi) ke dalam bentuk tulisan buku.


Memodifikasi Judul

Judul KTI umumnya mengandung unsur : variabel penelitian, objek penelitian, dan setting penelitian (baik tempat maupun waktu). Sedangkan judul buku harus punya daya tarik dan daya jual, menarik, unik, mudah diingat, dan mencerminkan isi buku. Sebenarnya ketertarikan judul buku sifatnya subjektif.


Memodifikasi Sistematika dan Gaya Penulisan

Pada KTI yang berupa hasil penelitian yang ditulis sesuai sistematika yang baku harus di modifikasi dengan gaya yang sesuai dengan gaya penulisan buku. Lebih dianjurkan harus diingat pangsa pasar buku tersebut. Kalau untuk remaja sebaiknya dibuat gaya penulisan anak remaja. Dan semua sub bab yang ada di laporan hasil penelitian tersebut dibuat seolah-olah terpisah.



Modifikasi Bab I

Bab I yang terdiri dari Pendahuluan. Judulnya boleh tetap dipertahankan akan tetapi isinya dibuat semenarik mungkin. Hubungkan dengan tema pendahuluan itu dengan tema buku yang akan kita buat. Pendahuluan ini adalah kunci pembuka apakah pembaca ingin meneruskan untuk membaca buku kita atau tidak.

Adapun secara struktur, tidak diperlukan lagi sub bab - sub bab seperti latar belakang, permasalahan, tujuan, manfaat dalam bentuk angka-angka. Fokusnya lebih mengeksplor latar belakang


Modifikasi Bab II

Pada KTI BAB II adalah kajian teori. Pada kajian teori ini terdiri dari beberapa sub bab. Jadikan sub-sub bab tersebut menjadi bagian-bagian dari buku kita. Sedangkan untuk kerangka pemikiran, hasil penelitian dan hipotesis, bisa dihilangkan


Modifikasi Bab III

BAB III pada KTI, terfokus pada metode, teknik pengumpulan data (instrumen) serta analisis data. Ada beberapa alternatif yang dapat diterapkan. Benar-benar menghilangkan bab III, menginclude bab 3 di bab 2 atau menarasikan bab 3 di awal bab pembahasan. Menghilangkan bab 3 maksudnya keseluruhan isi bab 3 dihilangkan, sebab bunyi bab 3 sebenarnya bisa dicermati dari isi pembahasannya. Menginclude bab 3 di bab 2 maksudnya konsep pokok terpenting dari bab 3 digabung dalam bab 3.



Modifikasi Bab IV

Pada BAB IV pada KTI adalah hasil penelitian. Sejatinya BAB IV ini adalah inti dari isi buku kita, akan tetapi pada buku tidak dibuatkan bahwa itu adalah hasil penelitian, akan tetapi dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak tampak sedikitpun kalau yang kita buat itu adalah hasil penelitian. Kita juga bisa memasukkan photo tetapi bukan sebagai konteks utama melainkan sebagai media pendukung saja.


Modifikasi Bab V

BAB terakhir pada penelitian (KTI) adalah penutup. Ini bisa dipertahankan. Seperti biasanya isi dari penutup adalah simpulan, rekomendasi bisa ditambahkan temuan yang terkait dengan hasil penelitian pada Karya Tulis Ilmiah tersebut


Modifikasi Lampiran

Lampiran yang disertakan hanyalah instrumen penelitian atau data matang yang mendukung, bukan data-data mentah.



Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengkonversi KTI menjadi buku

  1. Keaslian laporan hasil penelitian. 

Plagiat atau menjiplak punya sangat tidak dibenarkan karena termasuk tindak pidana. Sebaiknya KTI yang akan di konversikan menjadi buku adalah karya penulis sendiri

  1. Hindari kompilasi yang terlalu banyak.

Rubahlah gaya tulisan yang terdapat pada KTI menjadi gaya bahasa buku yang sesuai dengan pangsa pasar buku tersebut.

  1. Pilah dan Pilih data yang dipublikasikan. 

Data matang saja yang disajikan agar buku berbobot dan tidak bombastis

  1. Modifikasi bahasa buku

  2. Hindari pengambilan sumber kutipan berantai

  3. Wajib menuliskan semua daftar Pustaka yang dipakai sebagai rujukan dalam buku untuk mendukung keabsahan buku.

  4. Perhatikan kaidah penyusunan buku ber-ISBN khususnya jika akan dinilaikan untuk KP sesuai Buku 4 PKB

Share:

8 comments:

  1. Waaah, Alfred gak diragukan lagi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah.. jangan gitulah bu There... WBnya sering kambuh tu hahaha...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Masih belajar tu bu Ntshka... Makasih sudah berkunjung..

      Hapus
  3. Lanjutkan dan tetap semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih supportnya bu NDY.. Salam literasi..

      Hapus

Mengenai Saya

Foto saya
Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia
Salah seorang staf pengajar di sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Guguk pada jurusan Otomotif dan Teknologi Informatika

Daftar Blog Rekan-rekan